PSM ITS Rebut Empat Gelar Kejuaraan di Ajang International BCF 2022

    PSM ITS Rebut Empat Gelar Kejuaraan di Ajang International BCF 2022

    SURABAYA, - Tim Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali mencatatkan prestasi gemilang di kancah internasional. Pada acara awarding night di ajang 10th International Brawijaya Choir Festival (BCF) 2022 yang dihelat secara daring, Senin (18/7) lalu, PSM ITS dianugerahi empat gelar kejuaraan, yaitu Grand Champion atau Juara Umum, Gold Medal A kategori Folklore, Gold Medal A kategori Mixed Youth Choir, serta The Best Interpretation of Compulsory Piece.

    WIRAUSAHA.CO.ID
    market.biz.id WIRAUSAHA.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Menurut penuturan Music Developer ITS sekaligus konduktor tim PSM ITS Wasis Setiawan, rombongan tim yang berjumlah 72 orang ini telah memberikan upaya terbaik ketika membawakan lima buah lagu yang terdiri dari lagu folklore dan lagu-lagu klasik. Selain menyuguhkan aksi panggung yang memukau, PSM ITS diketahui mengenakan kostum bernuansa adat Kalimantan Barat dengan desain yang lebih trendi dan modern.

    Kostum tersebut, lanjut Wasis, dibuat menjadi luaran sederhana agar para anggota tim nyaman saat bernyanyi. Selain itu, konsep pakaian bercorak lokal ini juga disesuaikan dengan lagu yang mereka bawakan. Untuk kategori folklore, lagu yang mereka bawakan adalah Ampar-Ampar Pisang yang diaransemen oleh alumnus PSM ITS Gabriel Denis Devian. “Lagu kedua yang kami bawakan di kategori ini adalah Cebi Jaz Bila Fcelica yang dikomposisi oleh Tadeca Vulc, ” terangnya, Selasa (19/7/2022).

    MAGZ.CO.ID
    market.biz.id MAGZ.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Di kategori Mixed Youth Choir, PSM ITS membawakan lagu Hope yang dikomposisi oleh Ken Steven, dan Epilog yang juga dikomposisi oleh Tadeca Vulc. “Kemudian untuk bertanding di babak final, kami menyanyikan lagu Asadoya Yunta dengan komposer Ko Matsushita, ” beber lelaki kelahiran Surabaya, 22 Maret 1989 tersebut.

    Sebelumnya, timpal Wasis, kompetisi hari pertama dan kedua telah digelar pada Jumat hingga Sabtu (15-16/7) lalu. Tahun ini, International BCF 2022 dilakukan dengan sistem live recording. Maksudnya, peserta melakukan rekaman secara live (luring) yang kemudian hasilnya dilombakan secara daring di Universitas Brawijaya, Malang. Selain PSM ITS, beberapa pesaing dari universitas di seluruh Indonesia juga turut mengikuti kompetisi ini. “Kendati persaingan cukup ketat, kami tetap optimistis dan berupaya memberikan hasil terbaik, ” tandasnya.

    Menjadi kompetisi daring kedua yang diikuti oleh PSM ITS, Wasis berujar bahwa mereka telah mempersiapkan diri sejak dua bulan sebelum pelaksanaan. Persiapan dimulai dari penentuan lagu yang dibawakan, rangkaian proses audisi, hingga latihan rutin sebelum kompetisi. “Menjelang perlombaan, kami melakukan latihan hampir setiap hari, ” jelasnya.

    ZONE.CO.ID
    market.biz.id ZONE.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Disampaikan oleh Wasis, beberapa saat setelah PSM ITS tampil, dewan juri terpukau dan memberikan respon positif karena kualitas suara yang dimiliki anggota tim sangat bagus. Disinggung mengenai kendala, lelaki asal Kota Pahlawan tersebut mengungkapkan bahwa hambatan paling besar datang dari waktu persiapan yang singkat dan jadwal latihan yang padat. 

    ZONATANI.ID
    market.biz.id ZONATANI.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Atas prestasi gemilang ini, Wasis banyak menyampaikan terima kasih atas dukungan Dr Ing Ir Bambang Sumardiono selaku Pembina PSM ITS. Wasis berharap PSM ITS dapat mempertahankan prestasi yang telah diraih ke depannya. “Semoga kami dapat melebarkan sayap di kompetisi mancanegara atau ajang bergengsi dunia lainnya, ” pungkasnya penuh harap. (HUMAS ITS)

    Reporter: Erchi Ad’ha Loyensya

    surabaya
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Pakar UNAIR Soal Citayam Fashion Week :...

    Artikel Berikutnya

    Pakar Ekonomi Kreatif UNAIR Ungkap Tantangan...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 148

    Postingan Tahun ini: 1147

    Registered: Apr 8, 2021

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 112

    Postingan Tahun ini: 688

    Registered: May 25, 2021

    Narsono Son

    Narsono Son verified

    Postingan Bulan ini: 59

    Postingan Tahun ini: 263

    Registered: Jul 9, 2020

    Ryawan Saiyed

    Ryawan Saiyed verified

    Postingan Bulan ini: 45

    Postingan Tahun ini: 345

    Registered: Nov 23, 2021

    Profle

    Narsono Son verified

    Lapas Pasir Putih Nusakambangan Awali Bulan Agustus Dengan Coffee Break Bareng Kalapas
    Bahas Tata Cara Persidangan, Kapolres Sumbawa Hadiri Rapat dengan APH
    Berikan Motivasi Warga, Bhabinkamtibmas Desa Luk Ikut Gotong Royong Bersama Warga
    Sebagai Pembina Upacara, Kanit Binmas Polsek Plampang Berikan Motivasi Ke Pelajar

    Rekomendasi

    Dari Puncak, AHY Minta Seluruh Kader Demokrat Persiapkan Upaya Raih Kemenangan di 2024
    Mas Dhito Beri Pelatihan Penguatan SDM BUMDes se Kab Kediri
    Kapolda Jatim Menerima Kunker Tim Kompolnas RI di Polda Jatim
    Program SIM Cak Bhabin Polrestabes Surabaya Permudah Para Disabilitas dan Masyarakat Buat Sim Baru
    Karakter Perawat Professional, FIK Unija Gelar Nursing Camp

    Ikuti Kami