Monitoring dan Evaluasi KKN FILKOM di 3 Desa Kecamatan Poncokusumo

    Monitoring dan Evaluasi KKN FILKOM di 3 Desa Kecamatan Poncokusumo

    MALANG - Saat ini Kuliah Kerja Nyata (KKN) FILKOM UB 2022 sudah memasuki minggu kedua sejak pemberangkatan mahasiswa pada 18 Juli 2022 lalu. Untuk itu Candra Dewi, S.Kom, M.Sc. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Dian Eka Ratnawati, S.Si., M.Kom., Ph.D. (Dosen Pembimbing Aktivitas bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi) melakukan kunjungan ke lokasi KKN kelompok bimbingannya dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) pada Kamis (28/7/2022).

    Kelompok KKN bimbingan Candra berada di tiga desa di Kecataman Poncokusumo, yaitu Poncokusumo, Pandansari dan Sumberejo. Dalam kunjungannya ke tiga desa tersebut Candra dan Dian menemui perangkat desa serta mengecek secara langsung progress aktivitas masing-masing kelompok. Di desa Poncokusumo, kelompok KKN yang diketuai oleh Mohammad Yusron Jauhari, telah menjalankan beberapa aktivitas meliputi pemberian pelatihan TIK kepada siswa SD, pembuatan konten promosi Instagram untuk tempat wisata yang ada di desa Poncokusumo, serta melakukan beberapa tugas tambahan atas permintaan kepala desa seperti pendataan vaksin warga.

    24JAM.CO.ID
    market.biz.id 24JAM.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    “Untuk aktivitas pembuatan konten promosi kami rencana akan mengangkat lima tempat wisata di desa Poncokusumo, yaitu Ledok Ombo, Pinus Café, Taman Kali Lesti, Jamun Spot Sunset (JSS) dan Banyu Biru. Akun Instagram desa @Pon_cokusumo sebelumnya sudah tidak aktif selama setahun, tapi kemarin unggahan konten video Ledok Ombo dan Kali Lesti yang kami buat sudah ditonton ribuan orang. Kami menerapkan berbagai tips digital marketing di Instagram, mulai penggunaan hashtag, kemudian tag IG pariwisata, serta pemilihan waktu yang tepat untuk unggah saat traffic IG ramai, ” jelas Yusron.

    Doppio espresso shot ganda
    market.biz.id Doppio espresso shot ganda
    16% Rp 7.300
    Beli sekarang!

    Sementara itu di desa Pandansari, kelompok KKN yang diketuai oleh Aimar Abimayu Pratama memiliki program aktivitas, pembuatan peta digital dan membantu pengembangan UMKM. Pembuatan peta digital difokuskan untuk mengetahui batas antar RT dan RW di desa Pandansari. Sedangkan pengembangan UMKM dilakukan dengan cara penyelenggaraan sosialisasi digital marketing, pendampingan, dan pemberian jasa konsultasi gratis pembuatan logo serta desain kemasan produk.

    “UMKM yang ada disini kebanyakan pengrajin kayu. Ada yang membuat centong, sutil, sendok, garpu, mangkuk dan souvenir-souvenir. Sebagian sudah ada yang berjualan di e-commerce, tapia ada juga yang masih berjualan offline langsung ke pengepul, ” Jelas Aimar.

    WIRAUSAHA.CO.ID
    market.biz.id WIRAUSAHA.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Kemudian lokasi terakhir yang didatangi Candra dan Dian adalah Desa Sumberejo. Kelompok KKN disini diketuai oleh Audrey Axel Ristyanto. Program aktivitas yang dijalankan meliputi pemberian pelatihan TIK untuk perangkat desa dan pembuatan konten promosi untuk UMKM. Pelatihan TIK sudah dilakukan satu kali pertemuan dengan jumlah peserta sebanyak delapan perangkat desa. Sementara itu untuk pembuatan konten promosi UMKM masih dalam tahap koordinasi dengan perangkat desa untuk menjembatani mahasiswa peserta KKN bertemu dengan pemilik UMKM di desa Sumberejo.

    Dalam pelaksanaan KKN FILKOM UB tahun ini, rencananya akan dilakukan dua kali monitoring dan evaluasi (monev) oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Dosen Pembimbing Aktivitas (DPA). Monev pertama dilakukan pada minggu kedua pelaksanaan KKN dan monev kedua dilakukan pada minggu terakhir pelaksanaan KKN. (dna/Humas)

    malang
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Mahasiswa KKN BBM UNAIR Dorong Kebangkitan...

    Artikel Berikutnya

    PPTK Sebagai Basis Akselerasi Kurikulum...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 148

    Postingan Tahun ini: 1147

    Registered: Apr 8, 2021

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 112

    Postingan Tahun ini: 688

    Registered: May 25, 2021

    Narsono Son

    Narsono Son verified

    Postingan Bulan ini: 59

    Postingan Tahun ini: 263

    Registered: Jul 9, 2020

    Ryawan Saiyed

    Ryawan Saiyed verified

    Postingan Bulan ini: 45

    Postingan Tahun ini: 345

    Registered: Nov 23, 2021

    Profle

    Narsono Son verified

    Lapas Pasir Putih Nusakambangan Awali Bulan Agustus Dengan Coffee Break Bareng Kalapas
    Bahas Tata Cara Persidangan, Kapolres Sumbawa Hadiri Rapat dengan APH
    Berikan Motivasi Warga, Bhabinkamtibmas Desa Luk Ikut Gotong Royong Bersama Warga
    Sebagai Pembina Upacara, Kanit Binmas Polsek Plampang Berikan Motivasi Ke Pelajar

    Rekomendasi

    Danrem 084/Bhaskara Jaya Serahkan  Trophy Juara Satu Kompetisi Sepak Bola PSSI Liga Santri Piala KASAD
    Dari Puncak, AHY Minta Seluruh Kader Demokrat Persiapkan Upaya Raih Kemenangan di 2024
    Mas Dhito Beri Pelatihan Penguatan SDM BUMDes se Kab Kediri
    Kapolda Jatim Menerima Kunker Tim Kompolnas RI di Polda Jatim
    Program SIM Cak Bhabin Polrestabes Surabaya Permudah Para Disabilitas dan Masyarakat Buat Sim Baru

    Ikuti Kami