Evaluasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19

    Evaluasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19
    Foto oleh UOL

    SURABAYA - Pembelajaran daring semakin menempati peran penting untuk beradaptasi selama kondisi pandemi covid-19.  Hal ini untuk menjamin capaian pembelajaran benar-benar terealisasi meskipun pada kondisi yang berbeda dengan sebelumnya. Masifikasi proses pembelajaran daring telah dirasakan oleh sivitas akademika hampir diseluruh negara di dunia. Hal ini juga terjadi pada proses pembelajaran daring di Universitas Airlangga yang telah menjadi kebijakan khusus saat pandemi covid-19.

    Data pada bulan maret 2020 (sebelum pandemi) menunjukkan bahwa persentase matakuliah yang aktif menggunakan e-learning hanya sebesar 33.5% kemudian naik drastis pada bulan April 2020 (saat pandemi) menjadi 65.9%. Data ini merupakan persentase rata-rata yang diambil dari seluruh fakultas dan departemen yang ada di Universitas Airlangga.

    Di Fakultas Vokasi justru kenaikannya lebih tinggi dari Universitas Airlangga. Data pada bulan maret 2020 (sebelum pandemi) menunjukkan bahwa prosentasi matakuliah yang aktif menggunakan metode pembelajaran daring hanya sebesar 34.8% kemudian naik drastis pada bulan April 2020 (saat pandemi) menjadi 70.2%. Hal ini menunjukkan bahwa aktifitas pembelajaran daring mengalami kenaikan sebesar 35.4%.

    Mengembangkan system pembelajarran daring telah dikembangkan secara simultan oleh banyak universitas dan lembaga pendidikan. Salah satu sistem pembelajaran daring atau Learning Management System (LMS) yang dimiliki dan dikembangkan Universitas Airlangga adalah Airlangga University e-Learning Application (AULA). Platform ini telah dikembangkan sejak 2008 yang merupakan integrasi antara cloud computing dengan sistem platform e-learning.

    SIBERIA.CO.ID
    market.biz.id SIBERIA.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Sebelum pandemi covid-19, AULA hanya dijadikan alternatif dosen yang tidak dapat hadir secara fisik di dalam kelas dalam proses pembelajaran. Sejak bulan Maret 2020 atau pada pertengahan semester genap 2019/2020 seluruh aktifitas pembelajaran dilaksanakan secara daring. Kondisi ini sesuai dengan kebijakan pemerintah dan kampus agar seluruh aktifitas dosen, mahasiswa, dan karyawan dikerjakan dari rumah atau Work from Home (WFH) sebagai konsekuensi merebaknya pandemi covid-19.

    Sistem pembelajaran daring di dalam AULA harus memenuhi tiga aspek utama yaitu D-I-A:

    GO.WEB.ID
    market.biz.id GO.WEB.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    1. Delivery (penyampaian materi pembelajaran),

    2. Interactive (Aktifitas diskusi),

    WARTAPARLEMEN.COM
    market.biz.id WARTAPARLEMEN.COM
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    3. Assessment (Proses evaluasi Pembelajaran).

    Aspek ini yang digunakan untuk mengukur capaian pembelajaran mahasiswa yang telah mengikuti aktifitas pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana persepsi mahasiswa Fakultas Vokasi tentang kepuasan mereka setelah mengikuti pembelajaran daring baik pada kelas teori maupun praktek sebagai ciri khas pendidikan vokasi. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang diisi secara daring oleh mahasiswa.

    NAGARI.CO.ID
    market.biz.id NAGARI.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Portal AULA yang merupakan LMS resmi untuk e-learning di Universitas Airlangga tetap menjadi komponen penting sebagai media pembelajaran daring bagi mahasiswa Fakultas Vokasi. AULA dianggap sebagai integrasi antara cloud computing dan platform e-learning yang memungkinkan pendistribusian materi, interaksi, dan penilaian.

    Namun, pada saat yang sama, layanan web yang disediakan melalui internet juga merupakan komponen penting dalam e-learning mahasiswa. Layanan web seperti Whatsapp, Facebook, pencarian Google, Zoom dan Google Meet adalah beberapa layanan umum untuk publik yang disediakan melalui cloud computing yang masih digunakan sebagai alternative pendukung AULA.

    Gagasan untuk memfasilitasi perkuliahan praktikum secara daring dengan mengembangan Visrtual Laboratory (V-Lab) pada platform AULA.  Virtual laboratory merupakan sistem yang dapat digunakan untuk mendukung sistem praktikum yang berjalan secara konvensional. V-Lab dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melaksanakan praktikum secara virtual. Pengembangan V-Lab telah menjadi perhatian bagi banyak pihak untuk dikembangkan bersamaan dengan sistem pendidikan vokasional.

    Hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kelas praktikum secara daring masih belum bisa mengakomodir kepentingan mahasiswa terkait penguasaan keterampilan secara penuh. Pada kelas praktikum peran dosen dianggap masih sebatas sebagai pengajar, bukan instruktur. Terlepas dari dikotomi tersebut, kombinasi antara vocational education and training dengan e-learning pada saat pandemi dianggap sebagai satu-satunya pilihan paling logis. Hal ini dikarenakan tujuan pembelajaran hanya bisa dicapai menggunakan metode ini dibandingkan dengan harus tatap muka saat pandemi covid-19.

    Catatan pentingnya adalah institusi diharapkan mampu mengembangkan infrastruktur platform e-learning secara berkelanjutan untuk mengevaluasi dan merevisi program pembelajaran jarak jauh khususnya pada kelas praktikum sebagai penciri pendidikan vokasional.

    XPRESS.CO.ID
    market.biz.id XPRESS.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Penulis: M. Nilzam Aly, dkk

    Surabaya 24 Juli 2022.

    surabaya
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Abmas ITS Dampingi UMKM Desa Maksimalkan...

    Artikel Berikutnya

    Pemkot Surabaya Raih Penghargaan Kota Layak...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 149

    Postingan Tahun ini: 1148

    Registered: Apr 8, 2021

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 112

    Postingan Tahun ini: 688

    Registered: May 25, 2021

    Narsono Son

    Narsono Son verified

    Postingan Bulan ini: 59

    Postingan Tahun ini: 263

    Registered: Jul 9, 2020

    Ryawan Saiyed

    Ryawan Saiyed verified

    Postingan Bulan ini: 45

    Postingan Tahun ini: 345

    Registered: Nov 23, 2021

    Profle

    Narsono Son verified

    Lapas Pasir Putih Nusakambangan Awali Bulan Agustus Dengan Coffee Break Bareng Kalapas
    Bahas Tata Cara Persidangan, Kapolres Sumbawa Hadiri Rapat dengan APH
    Berikan Motivasi Warga, Bhabinkamtibmas Desa Luk Ikut Gotong Royong Bersama Warga
    Sebagai Pembina Upacara, Kanit Binmas Polsek Plampang Berikan Motivasi Ke Pelajar

    Rekomendasi

    Danrem 084/Bhaskara Jaya Serahkan  Trophy Juara Satu Kompetisi Sepak Bola PSSI Liga Santri Piala KASAD
    Dari Puncak, AHY Minta Seluruh Kader Demokrat Persiapkan Upaya Raih Kemenangan di 2024
    Mas Dhito Beri Pelatihan Penguatan SDM BUMDes se Kab Kediri
    Kapolda Jatim Menerima Kunker Tim Kompolnas RI di Polda Jatim
    Program SIM Cak Bhabin Polrestabes Surabaya Permudah Para Disabilitas dan Masyarakat Buat Sim Baru

    Ikuti Kami